Selasa, 24 Juli 2018

TROUBLESHOOTING LAPISAN DATA LINK PADA JARINGAN LAN

Pengertian Data Link Layer
Data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.

Troubleshooting Data Link Layer
Banyak yang sudah menggunakan koneksi broadband cepat dan ini cukup penting mengetahui bila ada kesalahn dalam mengirim atau menerima paket data.
Berikut ini caranya:
  • Start - Run - ketik regedit 
  • Masuk ke alamat HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEM Current Control Set Control Network Connections Stat Mon (jika folder StatMon tidak ada buat baru dengan mengklik New>Key)
  • Didalam StatMon key buat DWORD 32bit baru dan beri nama ShowLanErrors dan beri nilai 1 hexadesimal
  • Restart komputer dan lihatv effectnya di LAN Connection status
Cara Mendeteksi Troubleshooting padea Data Link Layer
  • Forward Error Control
Dimana setiap karakter yang ditransmisikan atau frame berisi informasi tambahan (redudant) sehingga bila penerima tidak hanya dapat mendeteksi dimana error terjadi, tetapi juga menjelaskan dimana aliran bit yang diterima error.
  • Feedback (backward) Error Control
Dimana setiap karakter atau frame memiliki informasi yang cukup untuk memperbolehkan penerima mendekteksi bila menemukan kesalahan tetapi tidak lokasinya.
Feedback error control dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Teknik yang digunakan untuk deteksi kesalahan
  2. Kontrol algoritma yang telah disediakan untuk mengontrol transmisi ulang
Kesalahan - Kesalahan Data Link Layer
  • Codewoed Hamming
  • No Functionally or connectivity at the network layer or above
  • Network is operating below baseline perfomance levels
  • excessive Broadcoast
  • Console Messages
  • Encapulation erroes, address maping erroes, Framing errors, STP failure or loops
MAC 48 bit Addressing
MAC Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang memprementasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC merupakan alamat yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.
  • Cara kerja : MAC Address mengizinkan perangkat - perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.
  • Pengalamatan : Dalam sebuahkomputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomer identifikasi dalam MAC address 



Transparan Bridging
Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN dengan jaringan LAN yang lain. Bridge meliki kemampuan untuk memproses keputusan perelayan/peruntaian sebuah frame berada dalam bridge itu sendiri, sehingga transparan terhadapa stasiun-stasiun yang berkomunikasi, sehingga disebut juga Transparent bridge.


Switch sebagai MultiPort-Bridge
Switch jaringan adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan. Switch dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area terbatas. Cara kerja switch hampir sama dengan bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga dinamakan multi-port bridge.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTU  SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pelajaran                     :    C2 (Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika) Kelas/...