Minggu, 29 Juli 2018

Keamanan Sistem Operasi Jaringan

Keamanan Sitem Operasi Jaringan

Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan. Ada dua elemen utama pembentuk keamanan jaringan : 
1.Tembok pengamanan (baik secara fisik maupun maya), yaitu suatu cara untuk memberikan proteksi atau perlindugan pada jarigan, baik secara fisik (kenyataan) maupun maya (menggunakan software).
2.Rencana pengamanan, yaitu suatu rancagan yang nantinya akan di implementasiakan uantuk melindugi jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman dalam jaringan.

Jenis – Jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan

Keamanan sistem tersebut dibagi menjadi 3 antara lain :
1.External security, Keamanan ini berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer yang telah tersedia sebelumnya dari penyusup maupun bencana, seperti kebakaran dan kebanjiran.

2.User interface security, Keamanan interface pada user berkaitan dengan identifikasi user sebelum pemakaikan diizikan untuk mengakses program dan data yang telah disimpan.

3.Internal security, Keamanan internal berkaitan dengan pengamanan yang cukup beragam terkendali pada bagunan hardware dan sistem operasi dan sudah menjamin operasi tersebut dapat diandalkan dan tidak terkorupsikan untuk menjaga integritas program dan data.

Pada keamanan, terdapat 2 masalah penting, yaitu:

1.Kehilangan data dapat disebabkan oleh:
•Kesalahan perangkat keras: tidak berfungsinya pemroses, disk/tape tidak terbaca, kesalahan program.
•Kesalahan manusia: kesalahan memasukkan data, eksekusi program yang salah.

2.Penyusup, terdiri dari:
•Penyusup pasif, yaitu yang membaca data yang tidak diotorisasi.
•Penyusup aktif, yaitu mengubah data yang tidak otorisasi.
Ancaman – Ancaman yang Terdapat pada Sistem Komputer

Ancaman-ancaman canggih terhadap sistem computer adalah program yang mengeksploitasi kelemahan sistem computer. Ancaman-ancaman tersebut dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

1)Program-program yang memerlukan program inang (host program)

2)Program-program yang tidak memerlukan program inang. Program sendiri yang dapat dijadwalkan dan dijalnkan oleh sistem operasi.

Program-program yang memerlukan inang, antara lain :
•Logic Bomb, yaitu logic yang ditempelkan pada program computer agar memerikasa suatu kumpulan kondisi di sistem.
•Trapdoor, yaitu titik masuk tak terdokumentasi rahasia di program.
•Virus, yaitu kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinya disisipkan ke satu program lain atau lebih.

Sedangkan yang termasuk program-program yang tidak memerlukan inang atau independent adalah :
•Bacteria, yaitu program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri.
•Worm, yaitu program yang dapat mereplikasi dirinya dan mengirim kopian-kopian dari computer ke computer lewat hubungan jaringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTU  SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pelajaran                     :    C2 (Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika) Kelas/...